Empat Tahun Lagi Ekonomi Cina Geser Amerika Serikat

Cina segera menggusur posisi Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Itu akan terjadi sekitar empat tahun lagi Baca Lagi ...

Sepanjang 2012, 129 ABG Diculik dan Diperkosa

JAKARTA - Maraknya aksi penculikan disertai kekerasan seksual pada anak membuat khawatir banyak pihak. Seiring perkembangan zaman, faktor teknologi Baca Lagi ...

Universitas Harvard Diguncang Skandal Nyontek

BOSTON - Perguruan tinggi pertama di Amerika, Universitas Harvard, hampir secara universal dianggap sebagai standar tertinggi dalam pendidikan Baca Lagi ...

Putus Cinta, Wanita Ini Potong Urat Nadi

BANDUNG – Fani (30), nyaris tewas setelah mencoba memotong urat nadi tangan kirinya di Jalan Balong Gede, Kecamatan Regol, Bandung, Sabtu Baca Lagi ...

"E-mail" Rahasia Ungkap Penguburan Osama

Sejumlah e-mail internal militer AS yang bersifat rahasia mengungkapkan bahwa jenazah Osama bin Laden dimandikan, dibungkus dengan kain Baca Lagi ...

TIME Rilis 15 Diktator, Soekarno & Soeharto?

Sabtu, 22/10/2011 17:39

Jakarta - Majalah TIME merilis daftar 15 diktator terbesar dunia yang berhasil digulingkan. Dalam daftar itu tidak ada nama dari Indonesia seperti Soekarno dan Soeharto. Sejarawan dari UI Asvi Warman Adam mempertanyakan hal itu.

"Saya tidak ingin mengusulkan ada wakil Indonesia di situ (TIME). Saya memberi catatan tidak ada diktator dari Indonesia. Jadi apa kriterianya? Apa berkaitan dengan HAM berat," ujar Asvi kepada detikcom, Sabtu (22/10/2011).

Asvi menerangkan, yang disebut diktator yakni pemimpin yang sangat berkuasa dan lama. Apapun yang dikatakan pemimpinan itu harus diikuti dan tidak bisa diganggu gugat oleh rakyatnya.

Antonio Salazar asal Portugal, lanjut Asvi, memerintah dengan sangat lama. Salazar masuk dalam kriteria majalah TIME. "Padahal Salazar tidak ada masalah dengan 'Barat' dia masuk kriteria itu. Saya heran tidak
ada nama Indonesia," kata Asvi.

Asvi juga menanyakan apakah kriteria nama-nama yang dicantumkan TIME. Apakah mereka yang masuk kriteria berkaitan dengan HAM berat.

"Polpot yang memerintah Kamboja dalam waktu singkat masuk (TIME). Dia melakukan sesuatu yang menyebabkan banyak korban tapi kan tidak hanya Pol Pot yang memimpin suatu negara yang menyebabkan terjadinya pembunuhan massal," tutur Asvi.

Sebagai ahli sejarah, Asvi menyebut Presiden Soeharto bisa masuk dalam kriteria TIME. Sebab Soeharto berkuasa selama 3 dasarwasa, dan pada masa pemerintahannya terjadi pembunuhan massal dan pelanggaran HAM berat.

Namun Asvi tidak menampik jika pada pemerintahan Soeharto ada hal-hal positif yang bisa dipetik. Salah satunya program Keluarga Berencana (KB).

"KB itu sangat positif. Di sisi lain ada pelanggaran berat seperti kasus Tanjung Priok, Talangsari Lampung, Aceh, Papua, Timor Timur, dan 27 Juli 1996," ungkapnya.

Sementara Presiden Soekarno, Asvi tidak melihat proklamator RI itu masuk dalam kriteria TIME. Sebab Soekarno berkuasa yang sesungguhnya sekitar 6 tahun.

"Pada saat dari 1945-1965, kan sistem parlementer, Presiden tidak memutuskan kebijakan kabinet. Soekarno mempunyai kekuasaan hanya dari 1959-1965. Jadi relatif hanya 6 tahun. Saya melihat tidak benar jika ada istilah Bung Karno diktator dengan berkuasa 20 tahun," demikian Asvi.

Majalah TIME merilis 15 diktator terbesar di dunia yang berhasil digulingkan. Mereka adalah Muammar Khadafi, Saddam Husein, Adolf Hitler, Benito Mussolini, Pol Pot, Idi Amin, Mobutu Sese Seko, Nicolae Ceausescu, Slobodon Milosevic, Jean-Claude Duvalier, Ferdinand Marcos, Husni Mubarak, Fulgencio Batista, Antonio Salazar, dan Alfredo Stroessner.

sumber : detik

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar